Cara Menghilangkan Tampilan Navbar di Blogspot Secara Gampang dan Singkat

Hello sobat-sobat Gabungyok ketemu lagi di blog Saya yang serba sederhana dan serba kekurangan ini. Kali ini Saya akan membahas mengenai cara menghilangkan tampilan Navbar pada blog yang berdomain blogspot secara gampang dan singkat. Maaf bagi yang punya blog ber domain Wordpress (WP) tidak bisa menggunakan cara ini karena Saya belum pernah menggunakan Wordpress (WP), silahkan tanya pada ahlinya WP saja, OK. Apa kah Navbar itu?... hmm bingung ya Saya sendiri tidak tahu apa artinya mungkin kepanjangan dari Navbar yaitu Navigator Bar kali ya yang disingkat Navbar ( Ha ha ha ha ngarang dan sok tau aja ), mudahan benar ya artinya hehehehe, atau ada yang tahu silahkan nanti ditambahkan pada komen post ini ya :D. Yang saya tahu fungsinya bisa digunakan untuk log in ke Blogspot tersebut.

Dalam menghilangkan Navbar ini sangatlah mudah, tidak diperlukan keahlian dibidang HTML, jadi yang master dan jago HTML mohon minggir dulu ya :D,  Maaf ya yang jago HTML bukan maksud melecehkan anda semua tapi cara ini memang tidak diperlukan keahlian seoang HTML ( Karena saya juga tidak ahli HTML ). Saya yakin Anda bisa melakukan dengan mengikuti langkah demi langkah yang Saya berikan. Walaupun Saya tidak tahu pasti artinya tapi saya tahu letaknya dan cara menghilangkannya :D, nah itu yang penting hehehehe. Navbar itu letaknya diatas sekali dari blog kita, untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan dengan penampakan gambar Navbar berikut ini :

Navbar

Nah sudah tahu kan bentuk Navbar tersebut, mudahan blog teman-teman blogger semua sudah dihilangkan Navbarnya, kalau belum ayo kita lanjut lagi, Untuk menghilangkan Navbar ini kita harus melakukan 2 langkah, langkah pertama yaitu Non aktifkan Navbar tersebut dan langkah kedua menghilangkan Navbar tersebut dari blog kita. OK langsung saja kita bahas kedua cara tersebut.
  1. Non aktifkan Navbar. Langkahnya Anda harus log in dulu ke blogger yaitu blogger.com. Setelah berhasil log in masuk ke Dashboard pilih Tata letak  atau bagi blogger yang menggunakan Bahasa Inggris pada blognya yaitu Layout. setelah klik Tata letak atau Layout maka akan tampil beberapa widget, klik yang widget Edit Navbar, letaknya biasanya widget Navbar ini paling kanan atas seperti gambar yang dilingkari berikut ini :
    Edit Navbar
    Setelah klik Edit Navbar pilih OFF dan simpan seperti gambar berikut ini :
    Offkan Navbar
    Sim Sala Bim .. Abra Kadabra .... silahkan di Preview atau lihat blog Anda. Teng tereng ......cie ...cie cie...  sampai disini blog Anda sudah hilang penampakan Navbarnya tapi masih ada ruang tersisa dari bekas tempat Navbar tadi, untuk menghilangkan ruang tersisa ini kita lanjut ke langkah ke dua.
  2. Menghilangkan Navbar. Untuk menghilangkan ruang kosong bekas tempat Navbar kita menambahkan kode CSS, caranya di Dashboard klik Template lalu Sesuaikan atau yang Blog berbahasa Inggris namanya Customize seperti gambar berikut :
    Edit Template
    Setelah klik Sesuaikan atau Customize klik Tingkat Lanjut dan Tambahkan CSS atau bagi yang blog berbahasa  Inggris yaitu Advanced dan lalu Add CSS, seperti gambar berikut : 
    Tambah CSS
    dan di kolom Add CSS / Tambahkan CSS ini masukkan tulisan berikut : #navbar {display:none} setelah itu di Enter dan lihat hasilnya kalau sudah kelihatan berkurang kolom Navbarnya silahkan di klik Aplikasikan ke Blog atau bagi yang ber blog bahasa Inggris namanya Apply to Blog.
Nah selesai deh silahkan lihat hasilnya mudahan Blog anda semakin cantik dan ringan loadingnya karena 1 buah Widget sudah dihilangkan, Dan menghilangkan Navbar ini tidak terlalu melanggar TOS atau peraturan dari blogger karena termasuk pelanggaran sangat ringan sekali, hehehehe, jadi semuanya terserah Anda apa widget Navbar ini mau dihilangkan atau tidak :D. Saya sendiri lebih suka tidak menggunakan Navbar ini di blog Saya seperti blog yang sedang Anda baca sekarang ini :D. Sekian dan terimakasih bila ada salah dan masukan mohon perbaikan dan ralatnya.